Senin, 27 Februari 2012

Manusia Terpendek di dunia

KATHMANDU, Jaringnews.com - Chandra Bahadur Dangi--pria yang baru saja ditetapkan sebagai manusia terpendek di dunia oleh Guiness World Records, Minggu (26/2)--mengakui, dengan keterbatasan fisik yang dia miliki, dia menjalani tahun-tahun sulit sepanjang hidupnya.

Pimpinan Guiness World Record, Craig Glenday menuturkan, orang-orang sekitar menilai Dangi sebagai sosok yang egois dan hanya memikirkan diri sendiri. Bahkan, Dangi tidak pernah memiliki pasangan hidup.

"Sampai sekarang, Dangi merasa fisiknya menjadi beban. Ia menyadari kesulitan menjalani hidup dengan ukuran tubuh mini. Ia pun mengaku kecewa menyia-nyiakan kesempatan untuk mencari istri," Glenday seperti dilansir AFP.

"Meski penyebab pertumbuhannya terhambat masih menjadi misteri, Dangi berharap gelar barunya sebagai manusia terpendek bisa merubah nasibnya."

Glenday mengatakan, setiap harinya, Dangi mencari nafkah dengan menenun karung goni. Dangi mengaku jarang meninggalkan distrik Dang, desanya yang berjarak 350 kilometer dari Kathmandu.

"Ia sudah terlalu tua untuk menikah tetapi masih ingin bepergian. Saya ingin mengunjungi negara-negara asing dan bertemu orang di seluruh dunia," ujar Glenday menirukan pernyataan Dangi.

Keinginan Dangi bisa jadi akan segera terwujud. Sebelumnya, tahun 2010, warga Nepal bernama Khagendra Thapa Magar, juga sempat dikukuhkan sebagai orang terpendek di dunia dengan tinggi 67 cm. Saat itu, Magar melakukan perjalanan ke sejumlah negara dan tampil di televisi Eropa dan Amerika Serikat.

Tak hanya itu, Magar juga menjadi juru kampanye resmi pariwisata Nepal. Dalam kampanye tersebut, Magar digambarkan sebagai orang terkecil di negara yang merupakan rumah bagi puncak tertinggi di dunia, Gunung Everest.

Seperti diketahui, Guiness World Records mengumumkan satu orang yang berhasil memecahkan rekor manusia terpendek di dunia, hari Minggu (26/2) ini.

Adalah Chandra Bahadur Dangi, pria tua berumur 72 tahun dari sebuah lembah terpencil di barat daya Nepal yang memecahkan rekor tersebut. Dangi, yang memiliki tinggi 54,6 sentimeter (cm), dinyatakan lebih pendek 5,3 cm dari Junrey Balawing, pemegang rekor kategori ini sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar